12.22.2010

KANDURA

KANDURA KERAMIK
Siapakah Kandura?
Fauzy Prasetya(uji), Bathsebha Satyaallangghya (ghia) , dan Tisa Granicia adalah founder dari Kandura yang mulai berdiri sejak tahun 2005, lalu Nuri Fatima bergabung bersama kami di tahun 2010 pada bulan Maret. Uji adalah seorang desainer produk angkatan 2000 yang menyelesaikan studinya dari FSRD ITB studio desain produk pada tahun 2005, sementara Tisa dan Ghia adalah lulusan dari studio keramik FSRD ITB 2005. Sedangkan Nuri (angkatan 2002) adalah lulusan studio Kriya Tekstil tahun 2007 FSRD ITB.
Kandura sudah berjalan selama 5 tahun, dan bergerak di wilayah desain yang mengkhususkan dirinya pada keramik diperuntukan untuk alat makan/ tableware.

Apa itu Kandura?
Kandura mengambil nama dari bahasa sanskert yang berarti Kenduri, yang artinya sebuah perayaan yang biasa dilakukan sekelompok manusia dalam rangka mensyukuri nikmat Tuhan demi kelancaran kehidupan di masa depan. nama ini diambil karena secara personal akan selalu mengingatkan kepada kami untuk selalu bersyukur, dan berusaha serta berusaha dalam menjalani hidup. :)
Konsepnya?
elemen desain dan teknis menjadi penting pada produk- produk kami, kami percaya bahwa setiap produk yang kandura keluarkan adalah menarik dan bisa memberikan kepuasan tertentu pada setiap penggunanya.

Apa yang membuat memutuskan untuk membuat Kandura?
studio keramik masih jarang di Indonesia, apalagi studio yang mengkhususkan dirinya dengan mengeluarkan desain desain yang bagus, hehe.

Kenapa memilih jalur Keramik?
karena kami tertarik dengan material tersebut, keramik berasal dar tanah liat, sifatnya yang plastis (sehingga mampu meniru bentuk apa saja) serta ribuan teknis yang bisa kami eksplorasi terus seperti tidak pernah ada habisnya. singkat kata keramik itu surprising!

Produknya apa saja?
produk kami berupa table ware (piring, mangkuk, gelas, cangkir, mug, jug dll.) elemen estetis (vessel dan vas, atau botol botol keramik penghias ruangan)
dan aksesoris (kalung, cincin)

Ciri khas?
ciri khas dari desain kandura adalah barang barang keramik yang bentuknya kekinian, ngga ketinggalan jaman, dengan finsihing yang raw, dan warna warna yang cenderung ngepop.

Siapa inspirasi?
inspirasi sih bisa dari apa aja, entah itu majalah, bahkan lagu, daily life, pengalaman, tapi salah satu web design yang paling kami sering kunjungi adalah designboom dan gengnya.

Menurutmu, apa yang bisa membuat sebuah brand menjadi berkembang dan bertahan?
yakin dengan apa yang kita kerjakan, dan terbuka akan perkembangan yang terjadi. karena kami berada dalam ruang lingkup desain , sudah pasti kreativitas harus selalu terasah

Mengembalikan seni kedalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, bisa dibilang kalian melakukan itu, menurut kalian bagaimana?
kami fikir, lewat produk keseharian kami juga ingin mengedukasi publik dengan desain dan seni, karena seni sebagai sesuatu yang eksklusif yang biasanya bisa ditemukan di galeri dan hanya kalangan tertentu saja yang mengkonsumi seni. desainer dari kandura pun memiliki basic desain dan seni, dan dalam setiap produknya kami selalu berusaha untuk melakukan persilangan desain dan seni.

Dimana bisa mendapatkan Kandura?
bisa belanja online lewat www.kandurakeramik.com atau liat katalognya di fanpage fb : kandura keramik dan order langsung ke shop@kandurakeramik.com

buat yang di jakarta bisa langsung ke fx mall lantai 6 mazee area, atau di KOI kemang untuk tablewarenya.
dan desember ini kami juga akan hadir di THE GOODS dept. Plaza Indonesia Lt. 4

Tulis apa Kandura dalam 5 kata.
young, trendy, wearable, unisex design.