8.18.2011

ONLY ONE TREE

Solo Exhibition by Iwahori Teruyo

Kali ini Galeri MES 56 menghadirkan seorang fotografer amatir dari Tokyo, Ms Iwahori Teruyo, dengan seri karya ‘Only One tree’. Seri ini merupakan salah satu seri yang sempat ia perlihatkan kepada kami, ketika bertemu pada Bulan Foto Tokyo Juni lalu. Hal yang menarik dari pameran ini, kenyataannya, adalah pada si fotografernya sendiri. Ia merupakan guide resmi bagi para tamu atau fotografer yang diundang oleh PSJ (Photographic Society of Japan), dan ia adalah seorang ibu rumahtangga, yang secara tekun menghayati hobi fotografinya sejak masih muda. Tak kurang dari 15 pameran telah ia ikuti di Jepang dan 9 kali pameran di Vietnam. Ia sendiri adalah anggota PSJ, sebuah perkumpulan bagi para fotografer amatir di Jepang. Antusiasme Iwahori pada fotografi bisa dilihat dari sikap dia dalam mengelola karya fotonya; ia memiliki bundle buku-buku kompilasi karyanya, yang sudah ia rangkai menjadi sebuah seri yang utuh. Ia pun secara rutin mencetaknya diatas kertas fine art paper jepang, dan dari segi alat, ia termasuk update, DSLR profesional terbaru ia beli, sementara yang lama ia wariskan ke suami tercintanya.


Satu hal yang menarik dari antusiasme orang jepang terhadap fotografi adalah masih adanya tradisi mencetak diatas kertas. Jika disini, sebagian besar dokumentasi fotografi akan berakhir di belantara ruang simpan digital dan preview monitor, di Jepang mereka dengan sangat gampang mencetak, menjilid atau mem-frame-kannya, memberikan kepada kolega atau menyimpannya di rumah. Tradisi mencetak ini penting untuk melihat seberapa dekat fotografi dengan hajat hidup sehari-hari. Archive digital akan menjauhkan gambar-gambar, peristiwa-peristiwa yang dibekukan itu, dari ruang dan kesadaran sehari-hari. Untuk keperluan pameran inipun, Iwahori telah mencetaknya, dan memberikan kepada kami agar bisa kami tenteng dalam perjalanan pulang.


Pameran ini merupakan pameran terakhir di ruang ini. Untuk setahun ke depan, Ruang MES 56 tidak akan mengelola ruang secara fisik atau galeri. Jadi, selamat menikmati untuk terakhir kalinya sebuah pameran fotografi di ruangan ini. Buat kesan yang kuat, ajak hati dan pikiran untuk mengingat dan menghayati karya-karya ini, untuk terakhir kali.


Pameran berlangsung sampai dengan 30 Agustus 2011

Ruang MES 56
Jl. Nagan Lor No. 17
Patehan, Kraton,
Yogyakarta 55131