2.16.2011

SAJAK - SAJAK KAREN PRIYANKA

Garis Garis Koordinat Kartesius

Garis kita berjalan melewati absis-absis yang sama,
Tapi lihat, ordinat kita begitu jauh
Kita tidak bersinggungan, tidak berhimpitan
Garisku sampai kapanpun tidak akan memotong garismu di titik manapun

Kemungkinan terbesar cuma ada saat kamu kembali pada ayahmu
Salah satu ordinat titik pada garismu bergeser menuju garisku
Aku mencoba menggeser ordinat titik pada garisku supaya garis kita bisa bersinggungan
Tapi ordinat titik pada garismu harus kembali keatas
Sayangnya ordinatku tak mampu naik lebih tinggi

Sudah lama aku hanya bisa lihat absis titik pada garismu
Ordinatnya sebegitu jauhnya

Ah kabarnya garismu dijaring oleh garis lain
Garis yang titik absis maupun ordinatnya jauh dariku, jauh darimu
Bagaimana mungkin? Benarkah hanya karena garisnya pernah melintang lewat ordinat titik garismu?


Penggemar Rahasia

Akhirnya datanglah malam yang kutunggu-tunggu
Malam ini ia akan datang
Ia, priaku yang gagah, berjubah merah, dan haus darah

Sudah dua minggu nyamuk-nyamuk pilihannya berpatroli,
mengendusi darah siapakah yang paling lezat

Jam telah berdentang sepuluh kali
Aku telah siap dengan kulit tercantikku
Sebelum salah seorang penghuni rumah ini meletakkanku di halaman rumah,
kupandangi lagi tanggal hari ini,
Tanggal 13, Hari Jumat

Pukul 01.03, kudengar kepakan kelelawar
Kulihat ia menjelma menjadi Drakula di hadapanku
Itu priaku!
Kurapikan kulitku sambil memberinya senyuman
Ia bergidik menghirup aromaku, wajahnya marah,
Ia tak kuat, Ia harus pergi atau mati sesak nafas
Ah priaku, andai aku bukan sesiung bawang putih


Penghapus

Seorang pelukis menggores sketsa padaku
dengan pensil tumpul yang empuk, nyaman

Perlahan aku melihat kepala, wajah, lalu rambut;
Badan, dua tangan, lalu dua kaki
Ah, Manusia. Laki-laki

Begitu yakinnya ia dengan lukisannya
Sampai-sampai Penghapus absen

3 bulan kemudian... Kulihat warna cerah
4 bulan... Kuhirup aroma bunga
5 bulan... Tetes air? Baru kali ini aku bertemu air tanpa kuas
6 bulan... Deras tetes air. Hujankah?
8 bulan... Ah, Penghapus, lama tak jumpa. Tapi aku masih basah
Dikala basah aku dihapus
Dihapus sampai koyak