8.26.2011

LOMBA DESAIN MASKOT 'FLESHY' – DIGITAL VIRAL OK. VIDEO FLESH 2011


Divisi Pengembangan Seni Video ruangrupa akan kembali menggelar OK. Video Festival, sebuah perhelatan seni video dua tahunan di bulan Oktober 2011 ini. Tema FLESH digunakan sebagai metafora untuk merayakan hubungan yang kian mesra antara video sebagai piranti audiovisual dengan masyarakat kontemporer.

OK. Video FLESH melihat fenomena ini melalui empat sudut pandang: 1. Performance (kurator: Agung Hujatnikajennong) 2. Power (kurator: Hafiz Rancajale), 3. Digital Viral (kurator: Farah Wardani) 4. Private-Public (kurator: Rizki Lazuardi & Mahardika Yudha). Keempat sesi ini menjadi bagian utuh yang akan dipresentasikan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Sesi Digital Viral menggunakan strategi presentasi yang berbeda. Puluhan layar gadget berukuran kecil akan ditempatkan secara tersebar pada banyak titik di lokasi pameran Gedung Galeri Nasional Indonesia. Kami berencana melakukan strategi display tersebut dengan mengetengahkan sebuah 'Maskot' bagi sesi Digital Viral ini, yang kami namakan 'FLESHY'.

FLESHY adalah sesosok virus digital yang lucu dan penuh pergerakan. Mahluk culas nan berbahaya ini juga menjanjikan banyak mukjizat yang barangkali menyenangkan, mempesona, seperti Nabi Musa yang mampu membelah lautan dengan tongkatnya, seperti teknologi itu sendiri. Sebagai virus, ia mewakili sifat-sifat video yang kian organik, hidup, berkembang, dan beranak-pinak dalam sifatnya yang viral. Ia kerap hadir dalam keseharian kita: masyarakat digital.

Digital Viral mengundang Anda untuk mengikuti sayembara desain ikon FLESHY pada OK. Video FLESH – 5th Jakarta International Video Festival. Desain yang terpilih akan menjadi maskot resmi untuk sesi ini. Kami akan memilih satu pemenang, dengan hadiah senilai Rp. 1.000.000,-Hak cipta desain maskot FLESHY menjadi milik kreator.


Kriteria desain maskot FLESHY:
High Resolution image, 300 dpi
Ukuran 15 x 15 cm
Berbentuk dasar semacam virus/monster
Memiliki karakter lucu, sedikit sarkas, dan dinamis
Format *.jpeg atau vektor
Pilihan warna bebas


Deadline:
4 September 2011
Karya dikirim melalui email ke:
farahwardani@gmail.com
ibnurizal88@gmail.com


Terima kasih


Farah Wardani
Kurator Sesi Digital Viral OK. Video FLESH 2011
5th Jakarta International Video Festival 2011
Ibnu Rizal
Asisten Direktur Artistik OK. Video FLESH