4.08.2011

EKSPEDISI SUNGAI JOGJA 2011



Ekspedisi Sungai Jogja 2011 adalah inisiatif dari Komunitas Cantigi-Indonesia bersama Komunitas Pecinta Alam Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dan pelaksanaanya diselenggarakan melalui kolaborasi bersama [[HONF]] dan Komunitas Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM).

--------------------------
-------------------------

KEGIATAN
Pada program tahun pertama ESJ-2011 ini, sebuah tim gabungan pecinta alam, peneliti dan seniman akan berjalan menyusuri daerah tepian sungai Code Yogyakarta. Diawali dari start (utara) menuju selatan. Aktifitas akan diadakan pada:
* Minggu, 10 April 2011
* Jam 04.00
* Meeting point: HONF
* Alamat: Jl. Wora Wari A80/6 Yogyakarta

Para anggota tim gabungan akan melakukan beberapa kegiatan antara lain:
* Dokumentasi Daerah Aliran Sungai (DAS)
* Pengambilan sampel air sungai untuk penelitian ''Escherichia coli''
* Memantau perkembangan intensitas perubahan warna dan debit air sungai

Daerah Aliran Sungai yang akan ditempuh dapat dilihat di link ini:
http://wiki.natural-fiber.com/images/Jogja_map_CODEweb.jpg

---------------------------------------------------

OPERASIONAL
# Dengan alat bantu kamera foto, tim akan mengambil gambar disepanjang sungai. Baik badan sungai sisi kiri maupun kanan. Titik perhatian obyek foto adalah ; tempat buangan sampah, jembatan, material lahar dingin, aktifitas masyarakat tepi sungai, bangunan yang masuk bantaran sungai, rumah kardus dibawah jembatan dan sebagainya

# Dengan alat bantu GPS dan peta. Team akan menentukan titik koordinat yang menjadi titik perhatian pada posisi point pertama.

---------------------------------------------------

TUJUAN
Target dari ESJ-2011 cukup sederhana, yaitu memberikan laporan visual foto pada pemerintah & masyarakat pada kondisi terkini (April 2011). Lembaran foto dan video ini akan sangat berguna dikemudian hari. Untuk membandingkan: Dokumentasi “before-after” (sebelum dan sesudah) pada jangka waktu (tahun) tertentu.

Dokumentasi foto dan video disepanjang sungai pada ESJ-2011 ini menjadi penting mengingat dokumentasi (arsip) tahun-tahun sebelumnya, sangat sedikit jumlahnya dibandingkan dokumentasi bagian pusat kota Jogja. Dokumentasi yang sedikit ini cukup dimaklumi karena kesulitan dalam menyusuri sungai kota yang cenderung kotor dan tak menarik banyak perhatian orang.

Kolaborasi ini juga mencoba untuk mendapatkan data pencemaran air sungai dan parameter sederhana dari mikroorganisme ''Escherichia coli''. Pencemaran ''Escherichia coli'' dianggap telah meningkat cukup signifikan seiring dengan pesatnya pertumbuhan masyarakat kota penghuni Daerah Aliran Sungai dan masih kurangnya infrastrutur sanitasi rumah kediaman.

---------------------------------------------------

INFORMASI
Lebih Lengkap mengenai kegiatan ini dapat dilihat di HONF Wiki:
http://wiki.natural-fiber.com/Ekspedisi_Sungai_Jogja_2011

---------------------------------------------------

bagi yang ingin berpartisipasi silahkan datang ke HONF pada waktu dan tempat yang telah ditetapkan.