1.02.2011

NEST OF OJANTO

Interview by Ruki Naraya


Saya bertemu dengan salah satu dengan kawan lama saya yang bernama Ojan. Setelah ngobrol banyak, kemudian saya jadi mengetahui bahwa ia membuat sebuah brand yang setelah saya cek ia membuat sebuah produk yang sangat menarik. Bersama kedua temannya Ojan membuat "OJANTO" yang tidak hanya menawarkan kreatifitas mereka lewat produk-produk mereka yang unik, namun mereka juga rajin membagi-bagikan ilmu mereka lewat workshop yang selalu diadakan setiap hari selasa.

apa yang membuat kalian memutuskan untuk menciptakan "ojanto"?
karena ingin merealisasikan cita-cita bersama. :)

ceritakan tentang "ojanto" (konsep, dan segala macamnya)
konsepnya adalah kami membuat produk handcrafted dengan semangat D.I.Y (Do It Yourself), all the things we made are handmade. Pergerakan kami di dunia maya tidak hanya sekadar berjualan saja. Akan tetapi kami juga berusaha untuk menanamkan semangat D.I.Y kepada siapapun yang membacanya (www.nestofojanto.blogspot.com). Di sana kami menyampaikan banyak tutorial untuk membuat berbagai macam projects menarik. Selain itu, kami juga sangat terbuka bagi siapapun yang ingin berbagi tentang D.I.Y project-nya melalui facebook (Nest of Ojanto), Twitter (@nestofojanto) atau email (ojantowork@gmail.com)

kenapa memilih jalur "pattern"?
Karena kami suka pattern. Dia bukan hanya gambar yang repetitif tapi akan menceritakan banyak hal. Di sisi lain, pattern akan menampilkan keindahan dari repetisi itu sendiri.

siapa inspirasi kalian? 
inspirasi utama kami adalah Lara Cameron dan Tegan Rose. mereka adalah 2 textile designers dari Melbourne (www.inkandspindle.com). di samping itu banyak juga crafter-crafter dari Indonesia. seperti Tarlen Handayani (www.tobucilhandmade.blogspot.com) , Puri Martha (www.idekuhandmade.blogspot.com) dan masih banyak lagi :D

produknya apa saja?
produk yang kami buat memiliki sifat wearable, artsy, limited, dan value-added. Produk pertama kami adalah pattern pouch (bisa dilihat di www.nestofojanto.blogspot.com). Awal Oktober lalu, produk ini lahir dan langsung menyambangi Pasar Seni ITB 2010 di Bandung. Bulan November lalu, kami berkonsentrasi penuh untuk membuat produk-produk baru. bulan Desember nanti kami akan meluncurkannya! can't hardly wait to see! yay!:)

ciri khas?
ciri khas : ciri khas kami adalah pada desain pattern-nya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk membuat hal menarik lainnya. Kami terus berusaha untuk membuat siapapun yang menggunakan produk kami mengerti bagaimana menjadi 'cute in a good way'. :)